Jumat, 28 Oktober 2011

Kurikulum Software Engineering untuk Sekolah Menengah Kejuruan

Kenapa Rekayasa Piranti Lunak tidak mendapat minat yang besar dari masyarakat?
Mungkin namanya yang belum bersahabat dengan masyarakat. dan mereka masih belum jelas pekerjaan apa yang akan dijalani oleh anak-anak mereka pada selepas SMK nanti.
Pada tugas kali ini saya memang mengambil Topik Kurikulum Software Engineering untuk Sekolah Menengah Kejuruan.
Dengan bersumber dari Dinas Pendidikan Menengah Kejuruan saya memiliki 2 versi kurikulum untuk jurusan Rekayasa Peranti Lunak (software engineering). Mengingkat Model Kurikulum di Indonesia ini sekarang tidak memiliki standar yang baku. Artinya setiap sekolah berhak membuat kurikulum sendiri yang dinamakan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan).

Mengapa kurikulum pendidikan banyak memilih untuk menggunakan KTSP? Alasannya setiap sekolah itu memiliki perbedaan. Diantaranya fasilitas sekolah dan kompetensi yang dimiliki oleh masing-masing guru yang ada pada Sekolah Menengah Kejuruan tersebut.
Kurikulum Rekayasa Perangkat Lunak versi pertama saya ambil dari KTSP yang dimiliki oleh Dinas Pendidikan Nasional Kota Tangerang dan versi yang kedua saya dowload dari http://www.ditpsmk.net/. Disini saya tidak akan membahas versi mana yang benar dan lebih bagus. Tapi lebih khusus membahas spesialisasi dari kurikulum pada versi pertama dan spesialisasi yang akan diambil pada kurikulum versi kedua.
Pada kurikulum Versi Pertama mempunyai tiga tujuan:
1. Siswa/i lebih spesialisasi menjadi junior programmer dibidang pembuatan Aplikasi Program Database untuk Personal Komputer baik yang single user ataupun multi user.
2. Siswa/i juga dapat menjadi junior web programmer dibidang pembuatan Aplikasi berbasiskan Web Based.
3. Siswa/i dibekali untuk menjadi junior Database Administrator.
Adapun kurikulum yang akan diberikan kepada siswa/i adalah sebagai berikut:
Semester I : Para siswa/i harus mengetahui dasar-dasar pelajaran dari programming diantaranya pengenalan Elektronik dan Pengenalan Programming.
I. Mata Pelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan
1.Elektronik Dasar Digital
a. Menguasai Teknik Dasar Elektronika
b. Menguasai Dasar Elektronika Digital dan Komputer
c. Menjelaskan Sistem Peripheral
2.Dasar Pemograman
a. Menggunakan Algoritma pemograman tingkat dasar
b. Menggunakan Algoritma pemograman tingkat lanjut
Semester II : Para siswa/i harus mengetahui dasar dari pembuatan database, dasar pembuatan web dan mengenal Sistem Operasi Jaringan.
1.Sistem Database Dasar
a. Mengoperasikan aplikasi basis data
b. Membuat aplikasi berbasis Microsoft Access
2.Sistem Operasi Jaringan
a. Mengoperasikan sistem operasi jaringan komputer berbasis Teks
b. Mengoperasikan sistem operasi jaringan komputer berbasis GUI
3.Perencanaan Web Dasar
a. Membuat dokumen dengan HTML sesuai spesifikasi
b. Menerapkan dasar-dasar pembuatan web statis tingkat dasar
Semester III : Para siswa/i mulai mengetahui pembuatan program yang berorientasi pada objek dan mengenal aplikasi dari penggunaan database server yang bertujuan untuk menjadi database administrator.
1.Pemograman Berorientasi Objek
a. Mengoperasikan bahasa pemograman Obyect oriented
b. Membuat program aplikasi menggunakan Java
c. Membuat program aplikasi menggunakan C++
2.Database Server
a.Mengoperasikan bahasa pemrograman data deskripsi (SQL) tingkat dasar
b.Mengoperasikan bahasa pemrograman data deskripsi (SQL) tingkat Lanjut
Semester IV : Para siswa/i mulai membuat program sederhana dari single user sampai multi user dan juga membuat pemograman berbasis web based
1.Pemograman Visual
a. Membuat program aplikasi menggunakan VB & VB.NET
b. Membuat paket software Aplikasi
2.Perencanaan Web Lanjut
a.Membuat Halaman Web dinamis tingkat dasar
b.Membuat Halaman Web dinamis tingkat Lanjut.
Semester V : Para siswa/i mulai membuat program basis data menggunakan mysql dan dapat menggunakan query untuk mengintergrasikan database dengan website. Selain itu juga dapat membuat program yang menggunakan teknologi web seperti JSP dan XML.
1.Sistem Database Lanjut
a.Membuat program basis data menggunakan mysql/postgresql
b.Mengintegrasikan sebuah basis data dengan sebuah website
2.Database Berbasis Web
a.Membuat program basis data menggunakan PL/SQL
b.Membuat program basis data menggunakan SQL Server
3.Teknologi Web
a. Membuat program aplikasi web berbasis JSP
b. Membuat program aplikasi web berbasis XML
============================================================================
Pada kurikulum Versi Kedua mempunyai tiga tujuan:
1. Siswa/i lebih spesialisasi menjadi Stand Alone Programmer;
2. Siswa/i lebih spesialisasi menjadi Multi User Programmer;
3. Siswa/i lebih spesialisasi menjadi Web Programmer;
Tingkat I : Mempersiapkan siswa menjadi Stand Alone Programmer
Semester 1:
1).Mengoperasikan Sistem Operasi
2).Menginstalasi software
3).Mengubah konfigurasi software
4).Menyiapkan dan melakukan survey untuk menentukan kebutuhan data
Semester 2:
1).Mengoperasikan software bahasa pemograman level 1
2).Konversi data level 1
3).Menguji program level 1
Tingkat II: Mempersiapkan siswa menjadi Multi User Programmer
Semester 3:
1).Mengoperasikan sistem operasi jaringan komputer berbasis teks
2).Mengoperasikan sistem operasi jaringan komputer berbasis GUI
3).Melakukan perancangan pengumpulan data
4).Melakukan desain dan perancangan software
5).Melakukan pengkodean program
Semester 4:
1).Melakukan back up data
2).Melakukan restore data
3).Mengoperasikan software aplikasi basis data
4).Membuat query data
5).Menguji program
Tingkat III: Mempersiapkan siswa menjadi Web Programmer
Semester 5:
1).Membangun interface dengan bahasa pemograman berorientasi objek
2).Melakukan pengkodean program
3).Mengoperasikan bahasa pemograman berbasis web
4).Membangun program aplikasi remote data interaktif
Untuk setiap kurikulum memang dibuat untuk lima semester karena pada awal semester keenam siswa/i diharuskan mengambil project yang dinamakan project work atau tugas akhir yang sesuai dengan kemampuan mereka. Pada semester inilah siswa/i diuji kemampuannya oleh pihak perusahaan atau Badan Nasional Sertifikasi Profesi.
Jika kita melihat Kurikulum Rekayasa Perangkat Lunak diatas, Jika setiap siswa/i SMK memang berkompeten dibidang tersebut . Dan ada kerjasama antar perguruan tinggi dengan SMK bisa saja para siswa/i tersebut bisa meneruskan S1-Teknik Informatika atau S1-Sistem Informasi dalam waktu 2 tahun…..
Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar